Penguatan Pengawasan dan Pembinaan Tata Kelola Kearsipan untuk Tingkatkan Efisiensi di Lapas Karanganyar

    Penguatan Pengawasan dan Pembinaan Tata Kelola Kearsipan untuk Tingkatkan Efisiensi di Lapas Karanganyar

    CILACAP, INFO_PAS - Lapas Karanganyar mengadakan kegiatan pengawasan dan pembinaan terkait tata kelola kearsipan, yang melibatkan pejabat struktural serta staf lapas, Selasa (15/10/24). Kegiatan ini bertujuan memastikan tata kelola arsip, baik fisik maupun digital, di Lapas Karanganyar berjalan sesuai ketentuan dan standar yang berlaku.

    Dipimpin oleh Arsiparis Ahli Madya, Bapak Alkana Yudha, kegiatan ini memberikan arahan langsung kepada peserta tentang pentingnya manajemen arsip yang efektif. Inspeksi dilakukan terhadap beberapa aspek, termasuk ruang arsip, spesifikasi arsip, serta fasilitas pendukung, guna memastikan dokumen fisik tersimpan dengan baik sesuai standar, seperti pengaturan suhu dan kelembaban ideal.

    Selain itu, pembinaan juga menyangkut tata kelola arsip digital dengan pemaparan penggunaan aplikasi Srikandi dan e-Arsip, yang menjadi platform utama pengelolaan arsip elektronik di pemerintahan. "Aplikasi Srikandi dan e-Arsip sangat membantu dalam pengelolaan arsip modern, membuatnya rapi dan mudah diakses, " kata Bapak Alkana Yudha.

    Beliau juga memberikan saran mengenai pengelolaan arsip, menekankan pentingnya disiplin dalam klasifikasi, penyimpanan, hingga pemusnahan arsip yang sudah kadaluwarsa. "Arsip yang tidak diperlukan lagi harus dimusnahkan sesuai prosedur, " tambahnya.

    Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan keterampilan staf Lapas Karanganyar dalam pengelolaan arsip, sehingga tata kelola dokumentasi berjalan lebih baik, terstruktur, dan memenuhi standar nasional. "Dengan pengawasan ini, diharapkan tata kelola arsip di Lapas Karanganyar semakin membaik, " tutup Bapak Alkana Yudha.

    #karanganyarampuh #lapaskaranganyar #kemenkumhamri #kemenkumhamjateng #kumhamsemakinpasti #pemasyarakatan #pastiampuhpastiwbk
    Rizal Afif Kurniawan.

    Rizal Afif Kurniawan.

    Artikel Sebelumnya

    Kalapas Besi, Teguh Suroso beri Kuliah Umum...

    Artikel Berikutnya

    Penuhi Suplai Air Bersih, Lapas Besi Pasang...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    Ciptakan Tata Kelola Kearsipan Yang Baik, Lapas Permisan Hadiri Sosialisasi Permenkumham Tentang Tata Naskah Dinas
    DPR Setujui Herindra Jadi Kepala BIN, Perkuat Sinergi Intelijen dan Pertahanan
    Wujudkan Keamanan dan Ketertiban, Lapas Besi Ikuti Penguatan Bersama Divisi Pas Kumham Jateng
    KIA Motors: Perjalanan dari Sepeda ke Kendaraan Listrik Terdepan

    Ikuti Kami